sejarah perkembangan islam di indonesia

Tuesday, March 22, 2016
        Agama islam masuk ke nusantara sejak Abad ke-7 sebelum masehi,menurut pendapat para ahli kedatangan islam di indonesia melalui jalur perdagangan.penyebaran islam berikutnya dilakukan oleh ulama setempat,dimana orang orang tersebut mungkin telah pergi ke mekah atau pusat kajian agama islam lainya di timur tengah untuk memperdalam pengetahuan keislamannya.setelah itu mereka menyebarkan agama islam ke daerah pelosok di pulau pulau indonesia,diantaranya ulama yang terkemuka yang di kenal dengan sebutan wali sanga.
         wali sanga berasali dari kata "wali"  dan "sanga".wali merupakan kata arab yang berarti "sangat tinggi"dalam dunia islam.dan dalam bahasa jawa wali berarti "orang suci".kata sanga berarti "sembilan.dengan demikian wali saanga berarti sembilan orang wali ullah(wali Allah).
adapun anggota wali sanga adalah sebagai berikut:
1.Syekh Maulana Malik Ibrahim
2.Sunan Ampel
3.Sunan bonang
4.Sunan Giri
5.Sunan Drajat
6.Sunan Muria
7.Sunan Kudus
8.Sunan Kalijaga
9.Sunan Gunung Jati.

Faktor Faktor yang Mempercepat Peroses Islamisasi di Indonesia

         Perkembangan Islam di Indonesia di dorong oleh beberapa faktor,berikut faktor yang mendorong perkembangan agama islam di indonesia.
1 .Syarat untuk masuk agama islam sangatlah mudah karena hanya dibutuhkan dua kalimat syahadat untuk bisa resmi menganut agama islam.
2. Agama islam tidak mengenal sistem pembagian masyarakat yang berdasarkan perbedaan kasta.setiap manusia mempunyai kedudukan yang sama di mata Allah Swt,yang membedakanya adalah ketaqwaannya kepada Allah swt.
3. Penyebaran agama islam dilakukan dengan jalan damai(tanpa ada kekerasan),sehingga banyak orang yang tertarik mengganut agama islam.
4.  Upacara Upacara keagamaan dalam islam lebih sederhana.

adapun contoh kerajaan kerajaan pada masa islam awal ialah:
         1.Samudra Pasai
           Samudra Pasai adalah  kerajaan islam pertama di indonesia yang terletak di pulau sumatra,pada awalnya Samudra Pasai adalah bawahan dari kerajaan sriwijaya ketika kerajaan budha mengalami kemunduran pada awal abad -13,samudra pasai mengambil kesempatan untuk tampil sebagai kekuatan ekonomi baru dengan mengembangkan perdagangannya.raja pertama kerajaan samudra pasai adalah Sultan Malik as Saleh,setelah beliau wafat kemudian digantikan oleh putranya yakni  Sultan Muhammad,yang memerintah sampai tahun 1326 M.Sultan dikenal dengan sebutan Malik al Tahir.kemudian digantikan oleh Sultan Ahmad yang juga memakai nama Malik al Tahir.pada masa pemerintahannya  pasai mendapat kunjungan dari utusan Sultan Dehli yang bernama Ibnu Batutah,beliau adalah seorang pengembara yang sedang dalam perjalanan India-Cina(1345 M).setelah itu kerajaan Samudra Pasai yang sebagai kekuatan di kepulauan indonesia kemudian digantikan oleh kerajaan baru yang terletak di semenanjung malaya,yaitu Malaka
         2.Malaka
Pada awal abad ke-15,muncul kerajaan islam dan perdagangan baru,yaitu Malaka.kerajaan malaka di dirikan oleh seorang pangeran dari palembang yang bernama Prameswara yang mengungsi ke malaka akibat serangan kerajaan majapahit.di malaka pangeran prameswara menemukan pelabuhan yang baik untuk persinggahan kapal dan terletak di selat malaka.kemudian pangeran bersekutu dengan orang-orang laut,yaitu para perompak pengembara proto-melayu di selat malaka.dia berhasil membuat Malaka menjadi sebuah pelabuhan internasional yang besar.
pada tahun 1414,sebelum pangeran meninggal,Prameswara memeluk agama islam dan menganti namanya menjadi Iskandar Syah.dengan begitu Malaka menjadi sebuah kerajaan islam.berikut daftar raja-raja yang pernah memimpin kerajaan Malaka sebagai berikut:

  1. Sultan Megat Iskandar Syah (1414-1423/24)
  2. Sultan Muhammad Syah       (1424-1445)
  3. Sultan Mudzafar Syah           (1445-1458)
  4. Sultan Mansur Syah              (1458-1477)
  5. Sultan Alaudin Syah              (1477-1488)
  6. Sultan Mahmud Syah            (1488-1511)

pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Syah Malaka memiliki jaringan perdagangan yang sangat luas yang memungkinkan berbagai hasil akhir kerajaan Malaka dimulai dengan munculnya kapal kapal portugis di bandar itu pada tahun 1509,yang kemudian disusul oleh pertikaian di antara orang portugis dan Malaka.pada tahun 1511 Malaka berhasil di rebut melaui serangan yang dilancarkan portugis.akibatnya bandar itu menjadi sepi.  


cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan,semoga menambah wawasan kita tentang perkembangan islam pada zaman dahulu.apabila ada kesalahan penulisan kata saya mohon maaf .


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔