Pengertian MAC Address

Wednesday, May 04, 2016
MAC Address (Media Acess Control Adress)atau yang sering kita kenal dengan Physical Adress adalah sebuah alamat jaringan,yang berisi kode unik untuk diberikan pada tiap bagian perangkat keras yang terhubung ke jaringan internet.Misalkan NIC card,router dan perangkat lainya.
dalam jaringan MAC adress merupakan sebuah alamat yang di implementasikan pada lapisan data link dalam tujuh lapisan model OSI yang merepresentasikan sebuah kode tertentu.

dalam satu jaringan tidak boleh ada komputer yang mempunyai alamat yang sama,jika ada yang mempunyai alamat yang sama maka akan ada confilct pada jaringan kita,dan kita harus menganti Ip adress yang kita gunakan,untuk pengertian sederhanya adalah misalkan jika ada orang  mengirimkan suatu hadiah tentu akan menanyakan alamat rumah dan mencari orang yang berhak menerima hadiah tersebut dan jika dalam satu desa ada dua alamat rumah yang berbeda lokasinya maka tentu orang yang mengirim hadiah akan merasa kebingungan dan mengklarifikasi orang yang berhak menerima hadiah tersebut.begitu juga dalam sebuah jaringan.
secara default produsen yang membuat perangkat jaringan telah menetapkan MAC Adress yang biasanya akan dimulai kode terkait dengan produsen,MAC adress dibuat unik untuk setiap perangkat,sebuah perangkat MAC adress terdiri dari enam angka desimal yang dipisahkan oleh dua titik.
pada sebuah komputer,Mac Adress di tetapkan ke sebuah kartu jaringan yag kita kenal dengan NIC(Network Interface Card) yang digunakan untuk  menghubungkan komputer dengan jaringan yang bersangkutan.
Kode Mac Address pada umumnya tidak dapat di rubah karena telah di masukan ke dalam program ROM.Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah Mac Address,walaupun tidak disarankan.
Bagi penguna sistem operasi windows cara melihat Mac Address sangatlah mudah,Cukup tekan Win+R pada keyboard dan ketikan cmd.
jika command Prompt sudah terbuka kemudian ketik ip config/all  kemudian tekan enter,lalu akan tampilkan Mac Address Komputer anda,lalu akan ada physical address nah itulah Mac adress anda.

Cukup sekian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat,salam es teh icikiwir

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔